KULINER FAVORIT DARI PALANGKARAYA, KALIMANTAN TENGAH

Kuliner adalah salah satu hal yang menjadi pertimbangan agar wisatawan mau berkunjung ke salah satu daerah wisata. Maklum saja, setelah para wisatawan puas berkunjung dan menikmati fasilitas wisata, maka yang dicari selanjutnya adalah makanan yang lezat yang mampu menggugah selera makan para wisatawan.



Jika anda berkunjung ke Palangkaraya Kalimantan Tengah, sempatkanlah untuk mencicipi menu khas kuliner dari kota ini. Kota Palangkaraya, paling tidak terkenal dibandingkan kota-kota lainnya di Kalimantan. Padahal Palangkaraya menyimpan harta karun kuliner, berkat keberadaan suku Dayak Kahayan yang mendiami daerah ini. Tjilik Riwut , Gubernur Kalimantan Tengah pertama yang keturunan Dayak Kahayan sering menulis tentang kebudayaan Dayak, termasuk bahan pangan dan kehidupan masyarakat suku ini.
Demi memperkenalkan koleksi kuliner Dayak Kahayan, puteri sang mantan gubernur membuka Tjilik Riwut Gallery and Resto (Jalan Jenderal Sudirman) yang menawarkan berbagai makanan kesukaan sang ayah. Sebut saja singkah uwei atau batang rotan muda yang bertekstur spongy  dan sedikit pahit, serta diolah dengan kepala patin. Menu lainnya yang patut dicoba adalah kentah atau beras muda giling yang dikukus kemudian disajikan dengan kelapa dan gula. Untuk minuman, masyarakat Dayak Kahayan menyukai baram yang merupakan hasil fermentasi ragi dan paling nikmat diteguk dalam keadaan dingin. 

Memiliki ikan air tawar yang melimpah sebagai sumber protein, jangan lewatkan berbagai sajian ikan bakar di RM Samba (Jalan RTA  Milono  No  31) yang menawarkan ikan baung, patin, nila, gabus bakar yang disajikan dengan sambal serta hidangan  sayur khas Dayak, seperti juhu dewen jawaw (sayur daun singkong) dan juwu dewen paria (sayur daun pare). Sedangkan bila ingin mencoba aneka kandas atau sambal khas Dayak, datanglah ke RM Kandas Lauk Bepapui (Jalan  RTA  Milono). Biasanya pengunjung ke restoran ini untuk menyantap lauk bepapui atau suwiran ikan gabus, patin,atau baung bakar dengan kandas.

Kunjungi Website Baru Kami Trip-Outbound. Dan Telusuri kami di Outbound Lembang, Lembang Outbound, Outbound Bandung, Bandung Outbound, Outbound Bandung Lembang, Outbound Lembang Bandung, Bandung Lembang Outbound, Lembang Bandung Outbound, Outbound, Outbond, Lembang, Bandung, Outbound Adventure, Trip Outbound, Rafting Arung Jeram, Outbound training Bandung, Camping Bandung, High Ropes Bandung, Hiking Lembang Bandung, Company Gathering, Family Gathering, MICE,

Suku Dayak sangat bergantung kepada alam, sehingga banyak bahan makanan mereka hingga hari ini pun masih diambil dari hutan-hutan yang tersisa di Kalimantan. Singkah atau batang kayu, seperti singkah enyuh (umbut kelapa) atau singkah uwei (umbut rotan)  menjadi bahan masakan Dayak yang popular. 
Begitu juga dengan kelakai dan pakis yang keduanya merupakan jenis paku-pakuan yang sedap ditumis maupun dimasak kuah. Rimpang, seperti akar lengkuas muda yang aromatik, juga banyak dipakai untuk berbagai masakan. Bahan-bahan dari hutan itu kini dijual di pasar-pasar tradisional, seperti Pasar Kahayan dan Itah Payang.
Bagi anda yang hendak berkunjung ke Kota Palangkaraya, anda dapat menggunakan penerbangan pesawat Garuda Indonesia (www.garuda-indonesia.com), dan Lion Air (www.lionair.co.id) terbang ke Palangkaraya setiap hari.
Bagi anda yang ingin menginap dikawasan Palangkaraya, anda dapat menginap di Swiss-bel Danum Palangkaraya www.swiss-belhotel.com atau Amaris Palangkaraya www.amaris.com



Phone : 022-278 9697
Call Mobile : 0857 2210 9697
Call w.a : 0813 2272 0077
Alamat : Jl. Bukanagara II No. 77A Lembang - Kab. Bandung Barat

Powered byEMF Online Form