Kuliner Paling Favorit dari BINTAN, KEPULAUAN RIAU

Hallo apa kabar?
Selamat datang dan terimakasih atas kunjungan anda ke www.tripoutbound.com sebagai provider Outbound Bandung,  kami ingin berbagi hal-hal menarik mengenai dunia wisata.
Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi luar biasa dalam bidang pariwisata. Berbagai tempat wisata yang mempesona semua ada di Indonesia. Bagi para pecinta kuliner, Indonesia memiliki ribuan resep kuliner yang memiliki ciri khas dari setiap daerah. Wajar saja, Indonesia memiliki keanekaragaman suku dan kekayaan alam akan rempah-rempah yang begitu melimpah. Sebut saja Mie Lendir dari Kepulauan Riau, makanan jenis ini sangat disukai bahkan setelah diperkenalkan ke wisatawan mancanegara, banyak warga asing yang sangat menggemari makanan tersebut. Kini para pembuat kuliner semakin kreatif dengan berbagai resep rasa, serta mengkombinasikannya agar semakin digemari oleh para pecinta kuliner.
Pengaruh Melayu di Tanjung Pinang ternyata ikut diperkaya dengan pengaruh Oriental dan Jawa.Hal ini terbukti pada menu sarapan di Warung Mi Lendir Aneka Ria ( Jalan Bintan ) yang menjadi favorit warga setempat. Mi kuning yang dikocok-kocok dengan air mendidih, kemudian disiram kuah kental kecoklatan yang sekental lender yang mengingatkan akan mi ongklok khas Wonosobo, dimana kuah kentalnya tersebut merupakan pengaruh Tiongkok. Mi Lendir disajikan dengan irisan telur rebus dan taburan daun bawang serta seledri ini merupakan menu yang mengenyangkan namun tidak terlalu berat. Penjual mi lender kebanyakan masih keturunan Jawa Tengah.
Bukti pengaruh Melayu lainnya dapat diminati lewat oalahan ikan sembilang – yang dijuluki lele laut – di RM Sarbana ( Jalan Sultan Sulaeman, Kampung Bulang Laut ) yang dimasak ada asam pedas, dengan cita rasa yang sesuai namanya. Sedangkan bila ingin merasakan puluhan masakan Melayu di satu tempat secara prasmanan, RM Singgah Selalu ( Jalan Basuki Rahmat ) adalah tempatnya. Nasi dagang dengan pacri nanas dan sayur kecipir, teri masak rimbang pedas, sotong hitam serta aneka ikan yang dimasak asam pedas, dari tahun ke tahun selalu berhasil membuat para pengunjungnya kalap di jam-jam makan.
Di kawasan tenang Bintan Timur, tepatnya di daerah Teluk Bakau, banyak kedai pinggir pantai yang menawarkan gonggong ( sejenis siput laut ). Salah satu yang terbaik adalah Kedai Kak Ros yang menyediakan ukuran gonggong yang direbus dengan air laut, kemudian disajikan dengan saus pedas. Menyantap gonggong sambil menikmati pemandangan pantai yang indah adalah salah satu cara terbaik menikmati Bintan.
JAJANAN MALAM
Warga Tanjung Pinang senang menghabiskan malam sembari makan di luar.Pusat Jajan Melayu Square menawarkan aneka masakan Melayu dan Nusantara termasuk sate ala Minang dan aneka pilihan kerang yang bisa dimasak sesuai keinginan pelanggan. Alternatif tempat makan lainnya adalah Akau Potong Lembu yang telah beroperasi selama setengah abad dan menyajikan aneka seafood bakar, sop ikan keladi, dan es cendol yang lezat.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke BINTAN, KEPULAUAN  RIAU anda dapat menggunakan pesawat-pesawat berikut : 
Garuda Indonesia ( www.garuda-indonesia.com), Sriwijaya(www.sriwijayaair.co.id) dan Lion Air(www.lionair.co.id) terbang ke Tanjung Pinang di Pulau Bintan setiap hari.
Tak perlu sulit-sulit untuk mencari tempat penginapan disana anda bisa menginap di :
Aston Tanjung Pinang. www.aston-international.com
Comfort Hotel Tanjung Pinang.www.comfortbintan.com.
BASTIAN
Mobile : 0813 1331 8269 / 0856 6363 2349 / 0878 2258 3338

Phone : 022-278 9697

Alamat : Jl. Bukanagara I No. 79 Lembang - Kab. Bandung Barat


Powered byEMF Online Form
Reaksi: