Menikmati Gudapan Kecil di BARCELONA, SPANYOL


Menikmati gudapan kecil menjelang makan siang sudah menjadi kebiasaan bagi orang Spanyol terutama di Barcelona. Salah satu makanan khas yang sering dijadikan gudapan keciol ini disebut tapas.
Masyarakat Spanyol percaya bahwa menyantap tapas adalah kebiasaan yang dibawa oleh Raja Alfonso X. Ketika sedang sakit, dokter mewajibkannya untuk mengkonsumsi  makanan ringan bila ingin tetap meminum wine. Setelah sembuh, ia pun membuat peraturan untuk untuk tak menyajikan wine tanpa makanan kecil. 
Secara ilmiah, terbukti bahwa meminun wine – atau minuman beralkohol lainnya – sambil menyantap makanan kecil dapat membamtu tubuh menyerap alcohol dengan lebih baik. Di Barcelona, tapas tidak pernah disajikan di rumah atau restoran, karena masyarakat biasanya menikmati tapas sambil menghabiskan waktu di bar sebelum makan siang dan sebelum makan malam untuk bertemu kerabat, atau hanya sekedar menonton pertandingan bola. 
Terdapat dua jenis  tapas, yaitu tapas dingin dan panas. Tapas dingin banyak ditemui  di daerah selatan atau di pesisir, sapereti Andalusia, sementara di utara yang memiliki musim  dingin lebih popular dengan tapas panas.

Reaksi: