EXPLORING TOLEDO, SPANYOL


Toledo adalah salah satu daya tarik terbesar negara Spanyol. Kota yang sarat dengan torehan sejarah, gedung – gedung tua di pertengahan abad serta pemandangan alam indah dan tradisi Spanyol tempo dulu, sungguh mengesankan.
Toledo atau dalam bahasa Latin Toletum adalah sebuah kota istimewa yang terletak di tengah – tengah  Negara Spanyol. Terletak 70 km sebelah selatan Madrid, kota ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1986 oleh karena keelokan warisan budaya dan  arsitltur bersejarah yang agung. Toledo yang pada masa lampau di abad – 14 merupakan ibu kota kekaisaran Spanyol ini merupakan cerminan harmoni budaya yang indah. Sebuah percampuran budaya Kristen, Yahudi, dan peradaban Islam pada abad ke – 7 Masehi.
Saat menjejakkan kaki di Toledo, waktu serasa berhenti.Para wisatawan seolah diajak kembali menysuri kehidupan masa lampau ketika benua Eropa masih di abad pertengahan. Deretan Benteng, jembatan tua, istana dengan gedung – gedung yang  berusia lebih dari 1000 tahun ini sungguh mMemandang kota Teledo dari atas bukit, aura kerajaan tempo dulu tergambar indah. Kota berwarna keemasan ini dikelilingi Sungai Tagus yang airnya jernih, kontras dengan pohon – pohon pinus yang  daunnya berguguran.
Kunjungilah Santa Maria la Blanca di pusat kota. Bangunan indah ini dulunya  pernah menjadi gereja, masjid, dan sinagoga. Interiornya di dominasi pilar – pilar melengkung yang merupakan cirri khas arsitektur Mudejar ( kebudayaan Islam di Andalusia ). Jejak itu terlihat indah pula di Mezquita Del Cristo de La Cruz. Masjid yang sekarang menjadi museum wisata nasional ini, merupakan bukti kebesaran sejarah Islam di Toledo, Spanyol pada abad ke 10  Masehi. Tulisan kaligrafi yang ada di dinding masjid, bentuk masjid yang khas, memberi sentuhan seni yang tinggi.
Puas menyusuri bangunan bersejarah,jelajahilah Plaza de Zocodevar yang merupakan shopping center terbesar  di Toledo Spanyol lengkap dengan sejumlah kafe dan restoran.Berbagai butik dari fashion brand dunia hadir di sana dengan segala kemewahan dan eksklusivitas.Untuk memanjakan selera bersantap Anda,tersedia aneka restoran dan kafe yang menyajikan menu khas Spanyol.Salah satunya yang terkenal yaitu Tapas,campuran beberapa makanan kecil seperti udang goreng,kentang dan sebagainya.Sebagai pelepas dahaga nikmati Sangria yaitu minuman khas Spanyol berupa campuran red wine,soda,liquor dan beberapa potongan buah segar apel,pir dan sebagainya.
Keistimewaan lain dari Toledo yaitu di kenal dengan seni kerajinan keramiknya.Motifnya banyak terinspirasi oleh seni dekoratif Andalusia di abad ke – 14 Masehi.Warna-warna biru,merah hati,kuning dan  hijau berpadu dalam keindahan perangkat makan dan minum dari keramik seperti guci,piring,vas bungga dan sebagainya.Keseluruhan Keindahan barang seni itu,tentu dapat menjadi salah satu cindera mata berharga saat Anda kembali ke tanah Air.
Pesona Toledo dengan segala panorama Keindahan Alam,tradisi budaya serta peradaban sejarahnya yang agung memberi sensasi petualangan tak terlupakan
Reaksi: