KAIN TENUN KHAS LOMBOK SEBAGAI OLEH-OLEH TRADISIONAL YANG BERKELAS


Selain wisata alam dan pantainya yang indah, Lombok terkenal juga dengan kain tenun dan songketnya. Kain – kain ini dikerjakan dengan tangan dan ditenun secara manual. Rata – rata kain ini ditenun 8  jam sehari sehari untuk mendapatkan 15 cm kain. Bayangkan berapa lama kain tenun ini dikerjakan untuk mendapatkan  ukuran selebar 1 meter atau lebih. Maka tidak  heran jika harga kain tenun ini lumayan mahal.
Selain dikerjakan dengan tangan secara manual juga tergantung dengan jenis benang yang digunakan. Kain yang ditenun dengan menggunakan  benang yang secara manual harus ditenun dulu akan lebih mahal harganya disbanding dengan kain yang ditenun dengan benang biasa. Dalam pengerjaannya, kain tenun dibedakan  menjadi dua, yaitu kain tenun songket, kain yang hanya dikerjakan oleh pengrajin wanita dan kain tenun ikat yang   hanya dikerjakan oleh pengrajin pria.
Kain tenun  ikat ini biasanya menjadi bahan dasar untuk membuat baju dan kemeja. Beberapa motif yang sering dibuat untuk kain tenun sebagai berikut :
Motif  Subahnale, merupakan motif yang pertama kali dibuat, harga kain sekitar Rp 750.000 kegunaan untuk kain sarung.
Motif  Rumah  Lumbung atau  rumah adat suku Sasak, kain ini berkisar sekitar  Rp 150.000  kegunaan untuk kain taplak  meja.
Motif  Rangrang atau motif  Simetris dengan perpaduan warna – warni yang sangat dinamis, berkisar  Rp 500.000 nantinya bisa dipergunakan untuk baju pria dan wanita.
Kain – kain tenun ini juga tersedia dakam gulungan yang bisa dibeli dalam ukuran per meter sesuai kebutuhan. Kain tenun katun  Rp 175.000; per meter, kain tenun super  Rp 250.000 per meter dan kain tenun sutra  Rp 650.000 per meter. Selain untuk bahan baju, kain tenun ini juga tersedia untuk keperluan taplak meja maupun penutup tempat tidur atau bed cover. Untuk harga bed cpver ukuran single  Rp 400.000; ukuran double  Rp 1.000.000; ukuran  King Rp 1.500.000;
Supaya Citilinkers lebih puas dalam memilih sesuai selera, silahkan merencanakan perjalanan ke Pulau Lombok dan kunjungi sentra songket dan tenun langsung. Berikut adalah rekomendasi penjualan tenun, sekaligus menyaksikan pembuatan kain tenun indah khas Lombok.

Dharma    Setya
Jalan Tenun Tradisional Puyung, Lombok
Telp (0370) 6605204 – 6604223
Websitenya di www.dharnasetya.com
Reaksi: