Menikmati Indahnya Pulau Moyo Nusa Tenggara Barat Indonesia


Keelokan alam Pulau Moyo,di sebelah utara Pulau Sumbawa,Provinsi Nusa Tenggara Barat(NTB)ini,telah terkenal di mancanegara.Tak heran sosok selebriti terkenal seperti Sarah Duchess of York,Lady Diana dan Mick Jagger telah datang menikmati kekayaan alamnya.
Pulau Moyo,sebuah paulau kecil yang terletak di kawasan Provinsi Nusa Tenggara Barat memang selalu mengundang decak kagum bagi para wisatawan dalam dan luar negeri.Hamparan hutan hijau yang masih alami dan nyaris tak tersentuh,danau,sungai dan air terjun serta pesona alam bawah lautnya yang menawan seakan mengundang para peloncong untuk datang menyibak ke indahan karya Sang Pencipta.

Terletak 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa,Pulau Moyo yang memiliki luas 350 km2 berada di Desa Labuan Aji,ketinggian maksimum 671 meter di atas permukaan laut dan garis pantai 88 km.Kawasan yang telah di tetapkan sebagai Taman Wisata Alam sejak 1986 ini,memiliki keindahan memukau.Sejak matahari terbit hingga terbenam,mata akan terpuaskan oleh pemandangan pantai berpasir bawah lautnya pun sangat ekslusif .Lekuk karang warna-warni serta ribuan biota laut memberi sensasi  keindahan tak bertepi.Sekawan lumba-lumba ,ikan hiu ,ikan pari dan sebagainya dapat pula Anda saksikan di sana.Tak heran kawasan perairan Pulau Moyo merupakan salah satu taman laut  terbaik dunia dan menjadi tempat tujuan bagi para penyelam mancanegara.
Menyusuri kawasan daratan Pulau Moyo, Anda akan menikmati petualangan menakjubkan. Saat menjejakkan kaki di sana, ratusan kupu – kupu yang terlihat dari balik semak belukar, pepohonan atau di tengah padang savanna, hadir seolah menyambut Anda. Pulau ini memang seolah memiliki potensi keanekaragaman hayati cukup tinggi baik flora maupun fauna. Tipe vegetasinya merupakan hutan pantai dataran rendah yang terdiri dari pepohonan  hijau dan padang savanna yang luas. Ragam satwa liar pun tampak di sana, seperti, rusa timor, sapi liar, ayam hutan , dan babi hutan.
Keistimewaan lain, Pulau Moyo merupakan  surgabagi pecinta burung. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis diantaranya berada di pulau ini. Spesies burung langka juga bisa Anda temukan di sini. Di antaranya adalah kakatua berjambul kuning, beo Sumbawa, Elang Bondol, dan sebagainya.
Di samping keanekaragaman hayati tersebut, terdapat juga beberapa obyek daya tarik wisata alam seperti air terjun berundek Mata Jitu yang terdapat di bagian Barat Pulau Moyo yang dapat diakses melalui desa Labuan Aji. Di beberapa tempat seperti kawasan Ai  Manis dan Tanjung Pasir terdapat  gua – gua yang merupakan  habitat dari ratusan kelelawar dan burung wallet. Dengan keindahan pantai dan serta perairan yang ada di dalamnya, tentunya menjadi tempat berwisata seperti memancing, trekking, snorkeling, bersampan dan sebagainya.
Daya tarik wisata lain yang terdapat di Pulau Moyo adalah hamparan savanna yang terdapat di lokasi Raja Sua dapat dilakukan kegiatan penjelajahan / penyusuran hutan, pengamatan burung, ( bird watching ) dan merupakan lokasi yang tepat untuk melakukan wisata berburu yang tentunya mengacu pada undang – undang perlindungan dan pelestarian alam. Sealain itu Pulau Moyo juga menawarkan aktifitas wisata pendidikan  dan penelitian terhadap keanekaragaman hayati.

Keberadaan Pulau Moyo yang indah dan strategis karena terletak diantara obyek wisata ternama lain seperti Gili Matra ( Lombok ), Taman Wisata Alam Pulau Satonda ( Bima  – Dompu ) dan Taman Nasional Komodo, tentunya menjadi salah satu pilihan destinasi terbaik untuk berlibur dan berpetualang serta  mampu member kesegaran dan ketenangan bagi tubuh, jiwa dan pikiran Anda.
Hamparan padang rumput yang luas, kuda  – kuda liar yang tak lelah menjelajah, pantai pasir putih serta ragam budaya yang unik dan memikat adalah sekelumit keindahan dari Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur.
Reaksi: