Menikmati pesonan Kabupaten Sumbawa Barat

Sumbawa atau sumba?pertanyaan itu pasti akan di pertanyakan lebih dulu setiap kali kita menyebutkan “mau ke Sumbawa”.Ternyata pengetahuan geografis kita tentang Indonesia perlu kita segarkan lagi.Untungnya hidup di jaman yang serba mudah,ada mesin pencari informasi di internet bahkan dengan mudah kita bisa mengakses peta melalui google map.Jadi sebelum kita salah tujuan atau kurang persiapan sebelum melakukan perjalanan,ada baiknya kita melakukan sedikit riset..
Musim Awal Tanam Padi Di Sumbawa Barat

Perjalanan kali ini Traveller mencoba untuk melompat sedikit ke pulau sebelah  Lombok,Pulau Sumbawa.Sumbawa  dan Sumba adalah dua pulau yang berbeda,jarak antara kedua pulau cukup jauh.Lalu pertanyaan berikutnya mudahkah untuk mencapai Pulau Sumbawa???Cukup mudah dan tidak terlau jauh dari pulau Lombok,hanya sekitar satu jam perjalanan dengan menggunakan kapal cepat atau 1,5 jam dengan kapal ferry,saran Traveller jangan tertidur dalam kapal,pemandangan kanan dan kiri perjalanan  begitu indah dan menyegarkan.
Ada apa saja di Pulau Sumbawa? Pulau Sumbawa konon memiliki pantai yang indah dan berpasir indah putih bersih dan halus. Ternyata tidak hanya itu, pantai Maluk di Kabupaten Sumbawa Barat, terkenal dengan lokasi untuk berselancar yang masuk ke dalam kategori “ Wajib “ dikunjungi pleh para penggemar selancar. Suasana pedesaan yang tenang, pantai pasir putih yang bersih, padang rumput luas dengan kuda liar, batu – batu karst, pohon khas Indonesia Timur dan jangan lewatkan ayam Taliwang dari desa Taliwang yang jauh lebih menyengat pedasnya dari Taliwang Lombok.
Selain pantai, gunung Tambora yang indah pun kini mulai menjadi incaran para penggemar travel. Foto – foto di media social seperti Instagram mulai bertaburan foto “ selfie “ di gunung Tambora, pemandangannya sungguh luar biasa indahnya. Sedikit informasi  untuk Traveller bahwa pada tanggal 10 April 2015 akan ada  Festival Tambora Menyapa Dunia, beragam pertunjukan budaya akan disajikan dalam rangka mengenang 200 tahun letusan gunung Tambora. Masyarakat  kabupaten Dompu, tempat gunung Tambora berada sangat antusias menyambut acara ini, bagaimana tidak ditargetkan  2 juta orang akan hadir dan bergabung dalam acara tersebut.
Walaupun untuk infrastruktur pariwisata, pulau Sumbawa khususnya, Sumbawa Barat masih sepi? Karena Kabupaten Sumbawa  Barat merupakan  daerah pemekaran dari pulau Sumbawa. KSB  singkatan dari Kabupaten Sumbawa Barat baru menjadi kabupaten pada tahun 2003,. Perkembangan perekonomian yang tumbuh dengan baik membuat Sumbawa Barat menjadi provensi tersendiri. Jika kita menyeberang dari Pulau Lombok, kita akan mendarat di  Sumbawa bagian barat terlebih dahulu lalu baru masuk ke Bima. Jangan kuatir bagi Traveller yang mau ke  pulau Sumbawa, ada beberapa hotel yang  bisa menjadi akomodasi yang nyaman. Silahkan untuk melakukan riset tentang “ festival “ Gunung Tambora Menyapa “ dari sana Traveller akan mendapatkan informasi lengkap.

KULINER     SUMBAWA

Kalau ditanya soal makanan di pulau Sumbawa, khususnya Sumbawa Barat, persiapkan diri Traveller dengan pedas menyengat penuh bumbu Ayam Taliwang yang sempat Traveller coba adalah masakan rumahan. Salah satu dari pemandu wisata Traveller mempunyai koneksi keluarga di Taliwang yang bisa kami datangi dan ikut makan malam bersama mereka. Hanya ada dua masakan malam itu, ayam Taliwang dan sup ayam. Keduanya sangat pedas menyegarkan dan  herannya untuk makanan sepedas itu, semua bumbu masih sangat terasa dengan kata  lain …Lezat  Luar  Biasa
Traveller sungguh sangat kagum dengan cara orang Sumbawa menikmati masakan mereka. Bayangkan masakan yang sudah pedas, ditambah ke cobek berisi sambal yang pedasnya lebih – lebih! Ini seperti dua kali pedas dan wajah mereka pun seperti tidak merasa kepedasan. Sementara team Travellersudah mandi keringat dan berderai air mata kepedasan.
Selain makanan super pedas ayam Taliwang, cemilan  atau kudapan yang ada di desa Taliwang, Sumbawa Barat mirip sekali dengan kudapan khas Makasar. Tanya punya tanya memang banyak sekali suku Bugisyang pindah ke Sumbawa Barat dan mereka masih memasak tradisi dapur  mereka bahkan hingga nama kudapannya masih sama. Dua kudapan yang Traveller coba gogos,  ( semacam lemper ) dan barongko ( masakan khas Bugis  – Makasar yang terbuat dari pisang yang dihaluskan ).
Jadi, tunggu apalagi? Ayo kita rasakan sedikit sensasi berpetualang ke Pulau seberang indah dan eksotis, tidak kalah dengan saudaranya pilau Lombok. Keduanya berbagi sejarah dan banyak hal termasuk pemandangan  luar biasa yang masih alami.

Kunjungi Website Baru Kami Trip-Outbound. Dan Telusuri kami di Outbound Lembang, Lembang Outbound, Outbound Bandung, Bandung Outbound, Outbound Bandung Lembang, Outbound Lembang Bandung, Bandung Lembang Outbound, Lembang Bandung Outbound, Outbound, Outbond, Lembang, Bandung, Outbound Adventure, Trip Outbound, Rafting Arung Jeram, Outbound training Bandung, Camping Bandung, High Ropes Bandung, Hiking Lembang Bandung, Company Gathering, Family Gathering, MICE,
Reaksi: