THE GREAT PRAMBANAN TEMPLE

THE GREAT PRAMBANAN TEMPLE
Siapa yang tak mengenal Prambanan, sebuah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Selain terkenal dengan keindahannya, candi ini juga sangat menarik karena sejarah dan filosofi kehidupan yang terkandung dalam tiap arcanya.

Alkisah, lelaki gagah Bandung Bondowoso mencintai    Roro Jonggrang, seorang putri raja yang      cantik jelita. Karena tidak kuasa menolak lamaran Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang pun meminta   Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelim Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke – 1000 karena merasa dicurangi.

Kunjungi Website Baru Kami Trip-Outbound. Dan Telusuri kami di Outbound Lembang, Lembang Outbound, Outbound Bandung, Bandung Outbound, Outbound Bandung Lembang, Outbound Lembang Bandung, Bandung Lembang Outbound, Lembang Bandung Outbound, Outbound, Outbond, Lembang, Bandung, Outbound Adventure, Trip Outbound, Rafting Arung Jeram, Outbound training Bandung, Camping Bandung, High Ropes Bandung, Hiking Lembang Bandung, Company Gathering, Family Gathering, MICE,
Anda tentu sudah mendengar mengenai cerita ini, kisah tentang sebuah candi Prambanan yang sangat indah yang terletak tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Candi Prambanan yang juga terkenal dengan sebutan candi Roro Jonggrang ini dibangun pada abad ke – 10, yaitu sekitar tahun 850 Masehi oleh Wangsa Sanjaya. Pada masa itu sedang memerintah dua raja terkenal, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Candi ini berdiiri pada zaman kejayaan kerajaan Hindu di tanah Jawa.
THE GREAT PRAMBANAN TEMPLE

Dengan tinggi menjulang hampir 47 meter, kawasan candi ini terdiri dari 3 candi utam di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu pun menghadap ke Timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap  ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.
Ketika Anda masuk ke dalam candi Siwa yang terletak di tengah dengan  bangunan yang paling tinggi. Anda akan mendapati 4 buah ruangan.  Satu ruangan utama berisi  arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain  masing – masing berisi arca Durga  ( istri Siwa), Agastya ( guru Siwa ), dan Ganesha ( putra Siwa ). Arca Durga itulah yang disebut – sebut sebagai Arca Roro Jonggrang dalam legenda yang diceritakan di atas . Di Candi Wisnu yang terletak di   sebelah utara candi Siwa. Anda hanya akan menjumpai satu ruangan yang berisi  arca Wisnu. Demikian juga Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan  Candi Siwa. Anda juga hanya akan menemukan  satu ruangan berisi  arca Brahma.
Keistimewaan Candi Prambanan lainnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu keindahan relief – reliefnya yang menempel di dinding candi. Selain kisah Ramayana yang menjadi relief utama candi ini , terdapat relief lain yang tak kalah menarik, seperti relief pohon kalpataru yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian , dan keserasian lingkungan. Di Prambanan, relief pohon  kalpataru digambarkan tengah mengapit singa. Keberadaan pohon ini menggambarkan betapa masyarakat Jawa abad ke – 9 memiliki kearifan dalam mengelola lingkungannya.
THE GREAT PRAMBANAN TEMPLE

Salah  satu event di sana yang sayng untuk dilewatkan adalah pementasan Sendratari Ramayana. Sendratari Ramayana adalah  seni pertunjukan yang menyatukan ragam kesenian Jawa  separt tari, drama, music dalam satu panggung dan satu momentum  untuk menyuguhkan  kisah Ramayana, yang merupakan penerjemahan dari relief yang terpahat di Candi Prambanan. Kisah legendaries ini sendiiri merupakan karya Walmiki yang ditulis dalam bahasa Sansekerta.
Bagi pengunjung yang masih belum puas terhadap seluk beluk Candi Prambanan, pengunjung dapat mengunjungi sebuah museum yang juga berada di kompleks candi. Di museum tersebut Anda dapat menikmati hiburan audio visual tentang sejarah ditemukannya Candi Prambanan hingga proses renovasinya yang lengkap. Jika Anda berkunjung bersama keluarga, di lokasi candi ini juga terdapat taman bermain untuk anak – anak dan kereta mini yang dapat mengantarkan pengunjung mengelilingi kawasan wisata tersebut. Jadi jangan ragu untuk mengajak keluarga Anda untuk mengunjungi warisan budaya  Indonesia yang sangat indah ini.*
BRIZZI   EDISI CANDI PRAMBANAN
  • Adalah kartu co-branding kerjasam BRI dengan PT Taman Wisata Candi
  • Kartu ini merupakan kartu pra bayar ( isi ulang ) yang diterbitlkan oleh BANK  BRI
  • Kartu ini dapat digunakan sebagai tiket masuk ke area wisata candi Prambanan, selain itu juga dapat digunakan untuk bertransaksi di merchant BRIZZI lainnya
Reaksi: