Potensi Bahaya Sesar Lembang Bandung

Potensi Bahaya Sesar Lembang Bandung


Potensi Bahaya Sesar Lembang Bandung
Kata "sesar" dalam istilah geologi diartikan sebagai retakan atau patahan lempeng permukaan bumi. Menurut para ahli di sekitar lembang bandung terdapat sebuah patahan yang memanjang dari barat ke timur. Lokasi ujung barat patahan lembang bandung berada di daerah padalarang dekat jalan tol padalarang. Sedangkan ujung timur sesar lembang bandung berada di antara bukit batu lonceng dan gunung manglayang. Panjang retakan lembang bandung diketahui mencapai 29 km.

Seperti diketahui, saat ini status sesar lembang bandung dalam kondisi tidak aktif. Namun menurut kajian ilmiah disimpulkan Sesar lembang bandung menyimpan potensi bahaya. Pergerakan lempeng yang yang ekstrim akan memacu timbulnya gempa bumi. Contoh paling terbaru, gempa bumi aceh yang menimbulkan gempa 9,2 skala ritchter. Ditambahkan lagi bahwa meskipun patahan lembang bandung belum pernah memicu gempa selama berabad-abad, namun tidak berarti aman dari potensinya.

Bahaya lain adalah longsor. Karena area patahan lembang bandung sebagian membelah pegunungan, sangat dimungkinkan terjadi bahaya longsor akibat gerakan sesar yang terus menerus. Saat ini gerakan lempeng patahan sesar lembang bandung masih tercatat rendah, sekitar 3 hingga 5,5 mm per tahun. Apabila terjadi aktivitas gerakan yang tinggi apalagi disertai dengan gempa bumi, bukan tak mungkin sebagian lokasi yang berada dijalur sesar akan mengalami resiko longsor




Reaksi: