KULINER FAVORIT DARI GORONTALO SULAWESI UTARA

Semakin berkembangnya dunia pariwisata di Indonesia, ternyata mampu membuka peluang yang luar biasa bagi para pelaku usaha kuliner di Nusantara. Kini, semakin banyak tempat-tempat wisata kuliner yang menjajakan sajian masakan kuliner yang mencerminkan daerah setempat. Sehingga kuliner menjadi icon dari daerah asalnya. 

binte biluhuta gorontalo

Dengan banyaknya tayangan di televisi yang membahas mengenai wisata kuliner, ternyata mampu mendongkrak citra kuliner daerah ke ranah nasional, kini semakin menjamur tempat-tempat wisata kuliner di kota-kota besar di Indonesia. Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki ciri khas akan kulinernya adalah Gorontalo Sulawesi Utara, diapit oleh dua budaya kuliner yang telah lebih popular, yaitu Minahasa di utara dan Bugis Makassar di selatan, masakan Gorontalo memang belum terkenal. Hal ini disebabkan karena di kota-kota besar di Indonesia jarang ada yang menjajakan masakan dari provinsi yang dulu termasuk wilayah Sulawesi Utara ini.

Kunjungi Website Baru Kami Trip-Outbound. Dan Telusuri kami di Outbound Lembang, Lembang Outbound, Outbound Bandung, Bandung Outbound, Outbound Bandung Lembang, Outbound Lembang Bandung, Bandung Lembang Outbound, Lembang Bandung Outbound, Outbound, Outbond, Lembang, Bandung, Outbound Adventure, Trip Outbound, Rafting Arung Jeram, Outbound training Bandung, Camping Bandung, High Ropes Bandung, Hiking Lembang Bandung, Company Gathering, Family Gathering, MICE,
 
Makanan-makanan bernama puitis langsung menyita perhatian di kota yang kadang di sebut Hulonthalo ini. Sebut saja binthe biluhuta atau jagung kuah yang dimasak dengan kuah ikan, parutan kelapa muda segar, aneka bumbu, daun kemangi, irisan terung, minyak kelapa, dan perasan lemon suwanggi(jenis limau lokal). Binthe bilihuta disajikan dengan ikan mujair atau ikan oci (masih satu keluarga dengan ikan kembung namun lebih kecil), yang dibakar rica, selain dengan ilepao lu duwo atau pepes ikan teri  endemic Gorontalo.Warga  setempat menobatkan RM Syakinah (Jalan Asrama Yonif 713/ST No. 224 Telaga Biru) yang buka dari pagi sebagai salah satu penjaja binthe bilihuta terbaik di Gorontalo.
Makanan penuh filosofi lainnya adalah ilibulo yang berabad lalu merupakan makanan lambing perdamaian di antara raja-raja yang bertikai. Hal ini karena ilabulo mengandung kata “ totombowata”, yang dalam bahasa setempat berarti bersatu padu. Kelembutan penganan dari sagu berisi campuran daging dan hati ayam yang dibungkus daun pisang dan dibakar ini seketika memang dapat mencairkan suasana, sehingga siapa pun yang bertikai akan luluh hatinya.Kini tak perlu menunggu peperangan untuk menikmati ilabulo, berhubung di setiap sudut kota menjual penganan yang paling cocok di santap  pada sore hari dengan kopi Pinogu organik asal Gorontalo yang di gemari Ratu Belanda Wihelmina ini. Salah gerai yang direkomendasikan untuk mencicipi ilabulo adalah di Jalan Diponegoro yang hanya buka di sore hari.
Hasil laut merupakan kebanggaan Gorontalo, terutama tunanya yang banyak diekspor ke manca negara. Aneka hidangan berbasis tuna dapat dinikmati di Gorontalo dalam bentuk mentah mirip sashimi, sate tuna, dan rahang tuna bakar yang dibumbui  garam dan lemon suwanggi, serta disajikan bersama sambal rica yang super pedas. Cicipi kenikmatan ragam masakan tuna di Rumah Makan Ratu (Kawasan Tangga 2000)


Sebagai kota pelabuhan Gorontalo adalah tempat akulturasi budaya yang tentu saja tercermin dalam masakannya. Cita rasa Timur Tengah, khususnya dari Hadramaut atau Yaman, yaiyu nasi kebuli, banyak dijajakan di seantero kota.RM Diva (Jalan Diponegoro) adalah salah satu penjaja nasi kebuli terbaik di Gorontalo. Hamid dan Hanifah, sang pemilik rumah makan, juga menyediakan sate bakar balanga resep warisan keluarga yang diolah menggunakan wajan. Walau bernama sate, namun hidangan ini tidak ditusuk ke bilah kayu maupun dibakar dengan arang seperti sate-sate lain di Nusantara.


Mobile : 0813 2272 0077 / 0857 2210 9697
Phone : 022-278 9697

Alamat : Jl. Bukanagara I No. 79 Lembang - Kab. Bandung Barat


Powered byEMF Online Form
Reaksi: