KULINER FAVORIT DI BANTUL, YOGYAKARTA

Bantul, Yogyakarta merupakan salah satu lokasi yang menjadi favorit untuk dikunjungi para wisatawan, jika anda berkunjung ke Bantul Yogyakarta, tak ada salahnya anda untuk mencicipi berbagai kuliner lezat yang ada di kota ini, dengan cita rasa yang khas, kuliner-kuliner berikut mampu menggugah selera makan anda. Stelah lelah berjalan-jalan ket tempat wisata yang ada di Bantul, sempatkanlah anda untuk berkunjung ke tempat wisata kuliner favorit yang ada di Bantul berikut ini,



Kabupaten Bantul menyimpan rahasia kuliner yang beragam, mulai dari belut sampai kambing, serta dari masakan pedas hingga masakan yang berbasis sayur mayur segar. Belut  -atau- welut dalam bahasa  Jawa – menjadi sumber protein yang belum terlalu banyak dinikmati masyarakat Indonesia. 


 Kunjungi Website Baru Kami Trip-Outbound. Dan Telusuri kami di Outbound Lembang, Lembang Outbound, Outbound Bandung, Bandung Outbound, Outbound Bandung Lembang, Outbound Lembang Bandung, Bandung Lembang Outbound, Lembang Bandung Outbound, Outbound, Outbond, Lembang, Bandung, Outbound Adventure, Trip Outbound, Rafting Arung Jeram, Outbound training Bandung, Camping Bandung, High Ropes Bandung, Hiking Lembang Bandung, Company Gathering, Family Gathering, MICE,

Di Warung Welut Pak  Sabar (Jalan Imogiri Barat Kilometer 6) tersedia belut dengan satuan berat setengah dan satu kilogram. Yang digemari pengunjung adalah sambal welut alias belut goreng suwir yang dicampur cabai. Selain itu, welut goreng  dan welut oseng kecapnya pun patut diacungi jempol. Bagi yang tidak makan belut, tersedia  iwak kuthuk alias ikan gabus yang dapat dinikmati dengan sambal bawang atau sambal kecap sesuai selera.

Mbah Cemplung,  nama provokatif ini adalah sebuah warung ayam goreng bacem di Sendang Semanggi, Desa Kasihan, tak jauh dari sentra keramik Kasongan. Ratusan ayam kampong berukuran besar diungkep bacem dan digoreng setiap hari. Di akhir pekan,  Mbah Cemplung dapat menjual antara 150 – 200  ekor ayam dalam sehari. Pengunjungpun diperbolehkan melihat dapurnya yang memuat periuk – periuk besar yang berisi potongan  ayam yang sudah diungkep bacem dan siap digoreng, untuk kemudian dihidangkan dengan sambal kecap, petai, dan sayur lodeh.
Masakan berbahan daging kambing juga menjadi unggulan Kabupaten Bantul dan hal ini diwakilkan sate klatak yang terkenal. Hidangan sate kambing yang hanya berbumbu garam dan merica ini ditusuk dengan jeruji sepeda karena besi dapat menghantarkan panas, sehingga sate matang sempurna dalam waktu singkat. Dua tusuk sate klatak dan semangkuk kecil kuah gulai adalah porsi standar di banyak gerai sate klatak, seperti gerai  milik Mak Adi, Mas Bari, atau Mas Pong.
Lelung atau gulai balung – tulang dalam bahasa Jawa – di Jalan Srandakan Kilometer   1, Jodog Legi, menawarkan  gulai yang tak hanya berisi jeroan kambing, namun pengunjung juga dapat menikmati tulang kambing yang dagingnya masih menempel.

Penggemar masakan pedas harus bertemu Nano, pemilik Sate Petir Pak Nano di Ring Road Selatan, tepatnya sebelum Jembatan Kasihan.Setiap kali pengunjung memesan sate dan tongseng, Nano akan bertanya, “Mau level S1, S2, atau S3?”, di mana hal ini menandakan banyaknya cabai yang akan digunakan. Bila pengunjung mewanti – wanti  untuk tidak membuat masakan terlalu pedas, Pak Nano akan menggoda, “Oh, levelnya masih TK, ya, Mas/Mbak?”
MAKAN MANGUT

Mangut adalah hidangan berkuah santan dengan ikan air tawar  maupun air laut. Di Bantul, yang banyak digunakan adalah lele, nila, dan ikan mas. Mangut lele dengan trancam (semacam urap sayur)dapat dinikmati di Mangut Bu Is (Jalan Imogiri Barat Kilometer 12). Sedangkan Mbah Marto Gowok menyajikan mangut dengan lele bakar/asap di warung sederhananya di Dusun Nengahan, Dekat Kampus ISI. Oleh warga setempat warung ini disebut juga Warung Sego Ngeneng.
Bagi anda yang ingin berkunjung ke Bantul Yogyakarta dan ingin menggunakan transportasi cepat, anda dapat menumpang pesawat Garuda Indonesia (www.garuda-indonesia.com), Sriwijaya Air (www.sriwijayaair.co.id),Citilink (www.citilink.co.id), dan Lion Air (www.lionair.co.id) terbang ke Yogyakarta setiap hari.Bantul dapat ditempuh dengan berkendara selama 30 menit dari pusat kota Yogyakarta.
Tak perlu kesulitasn untuk menemukan penginapan di Bantul, Yogyakarta, berikut ini adalah hotel dengan fasilitas yang mampu memanjakan anda di Bantul Yogyakarta, Hotel Tentrem Yogyakarta www.hoteltentrem.comHyatt Regency Yogyakarta www.yogyakarta.regency.hyatt.com
Kami tunggu kehadiran anda di Bantul Yogyakarta, :)
Mobile : 0813 2272 0077 / 0857 2210 9697

Phone : 022-278 9697

Alamat : Jl. Bukanagara I No. 79 Lembang - Kab. Bandung Barat


Powered byEMF Online Form
Reaksi: