Surga Wisata di Sumba Nusa Tenggara Timur

Indonesia sesungguhnya memiliki ragam destinasi wisata yang unik dan eksotis. Salah satunya yang terkenal yaitu Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur. Pulau Sumba merupakan salah satu pulau uatam dalam wilayah Kepulauan Provensi Nusa Tenggara Timur. Memiliki luas sekitar 11.000 km 2 dan dihuni lebih dari 650.000 jiwa penduduk ini. Sumba dulunya dikenal sebagai “ Sandallwood Island “ ( Pulau Kayu cendana ). Tak heran sejak zaman kolonialisme, pulau ini telah di kenal oleh para pelaut – pelaut bangsa Portugis, Belanda, dan Spanyol.

PESONA   EKSOTISME

Bila dibandingkan dengan pulau – pulau tetangganya seperti bali, dan Lombok, Sumba menawarkan sensasi petualangan yang berbeda. Alamnya masih sangat alami dan banyak  tersentuh oleh industry pariwisata. Kekayaan bahari yang dimiliki Pulau Sumba adalah Nihiwatu. Pantai yang terletak di kawasan Sumba Barat ini menawarkan panorama laut biru dan pantai pasir putih keperakan yang masih segar dan alami. Sebuah tempat yang tetirah yang menyenangkan bagi Anda yang ingin menyepi dan sejenak “ lari “ dari kepenatan dan hiruk pikuk perkotaan yang padat. Ragam aktifitas dapat Anda lakukan di sana , seperti berkuda di pantai, memancing, menyelam, dan sebagainya. Tak heran majalah Traveller menyebutnya sebagi “ destinasi wisata  terpencil dan paling luar biasa di Indonesia “. ( One of Indonesia’s most isolated and extraordinary resort ).

Selain koleksi wisata baharinya yang menakjubkan, Sumba juga memiliki tradisi upacara tradisional Pasola, berupa ritual “ perang – perangan “ yang menghadirkan dua kawanan kelompok  penunggang kuda melempar tombak tombak sepanjang satu setengah meter kepada satu sama lain. Tradisi budaya tersebut merupakan bagian dari kepercayaan  Animisme Merapu masyarakat Sumba, sebagai wujud penghormatan dan doa agar selau diberi kesuksesan dalam panen dan kehidupannya. Ritual  Pasola juga menjadi simbol persatuan dan harmoni dengan kehidupan flora dan fauna di alam sekitarnya.

Pulau Sumba tak hanya memiliki pesona keelokan lukisan alam bahari yang indah serta ritual budaya tradisional yang agung, tapi juga budaya pembuatan kain tenun ikat yang telah berlangsung turun temurun sejak ratusan tahun silam. Kain tenun ikat Sumba telah terkenal di dalam dan luar negeri karena memiliki keunikan dan kekhasan dalam proses pembuatannya, menggunakan pewarnaan bahan alami serta mengandung nilai – nilai spiritual yang tinggi.

Rangkaian keindahan pesona alam bahari, tradisi ritual budaya Palosa serta kreasi kain tenunnya yang alami, unik dengan motif menawan tentunya menjadi daya tarik istimewa yang tak terlupakan saat Anda berkunjung dan menjelajahi pulau Sumba.

Reaksi: