Wisata Pulau Borneo: Dari Bunga Bangkai Raflessia Hingga Orang Utan

Pulau Kalimantan - yang terbagi antara Malaysia, Indonesia dan Brunei - adalah rumah bagi beberapa situs menyelam terbaik dunia, bersama dengan berbagai macam tanaman, burung dan mamalia, beberapa yang unik untuk negara. Namun juga tanah super-logger dan kelapa sawit perkebunan yang memberantas hutan alam pulau ini. Ekowisata adalah salah satu dari beberapa kegiatan ekonomi yang dapat membuat kasus yang meyakinkan untuk melindungi habitat ini sementara mendukung masyarakat adat. Lima pengalaman berikut mendapatkan di bawah kulit Kalimantan dan menunjukkan bahwa aset alam yang luar biasa yang bernilai lebih hidup daripada ditebang.

Jejak Rafflesia di Sabah, Malaysia
Sabah Rafflesia Forest Reserve ada untuk melindungi rafflesia - bunga terbesar di dunia. Pencarian untuk menemukan tanaman langka ini dimulai di Kota Kinabalu, di mana Anda dapat mengambil bus ke atas dari 1500m melalui kantong tebal kabut Borneo ke air terjun Tambunan. Kemudian jejak mengarah ke hutan; berebut melalui pohon-pohon, melangkah putaran penopang besar dan lebih log jatuh Anda datang ke tempat terbuka, dan ada itu, tergeletak di tanah di isolasi indah: darah mekar merah jelas, terlihat dengan tanda putih - sebuah rafflesia tunggal dan indah.
Mengambil bus dari Kota Kinabalu ke The Rafflesia Information Centre di Tambunan (sekitar 1 jam). Untuk informasi lebih lanjut tentang mengunjungi pusat dan tur melihat http://www.sabahtourism.com.Menonton kura-kura di Sabah, MalaysiaPenyu hijau tukik, Chelonia mydas, membuat jalan ke laut, Selingan Island, Sabah, Borneo
Ketika Anda melihat tukik penyu mengambil langkah pertama menuju laut itu menjadi langsung jelas apa konservasi adalah semua tentang. Anda dapat menyaksikan pemandangan luar biasa di Turtle Islands National Park, yang terdiri dari tiga pulau kecil (Selingan, Bakkungan Kecil dan Gulisan) di Laut Sulu di lepas pantai timur Sabah. Pengunjung hanya tinggal di Selingan (nomor terbatas untuk 38 per malam dibagi antara tiga chalets) meskipun Anda dapat mengunjungi dua pulau lainnya di siang hari. Pada malam hari, ranger akan membawa Anda untuk menonton penyu hijau bersarang di pantai dan di pagi hari Anda akan mendapatkan kesempatan istimewa untuk melihat makhluk-anak mereka dilepas ke laut.
Tinggal dengan penduduk setempat di Sabah, Malaysia
Ekowisata adalah istilah yang banyak buah mulut di Kalimantan, tetapi tempat ini cocok dengan tagihan. Tinggal dengan keluarga angkat lokal di salah satu dari empat desa di Batu Puteh Komunitas, terletak di lahan basah dari Lower Kinabatangan. Anda akan pergi di kapal pesiar sungai dan kenaikan ke hutan dengan panduan naturalis, di mana Anda mungkin akan menemukan owa, kukang, tarsius, beberapa dua ratus jenis burung atau mungkin aneh-cari bekantan, dengan panjang, hidung dan menonjol perut besar.
Mengunjungi rumah panjang Iban, Sarawak, Malaysia
Di luar kota dan kota-kota, mayoritas penduduk Sarawak menjalani kehidupan tradisional yang berputar di sekitar rumah panjang (rumah kayu komunal panggung) dan sungai. Ada beberapa jujur ​​showcase wisata desa, tapi untuk pengalaman kepala lebih otentik untuk Nanga Sumpa rumah panjang - terletak dua jam longtail-naik perahu dari dermaga Batan Ai di Ai Sungai Ulu. Selama dua puluh tahun terakhir, Kuching berbasis Borneo Adventure telah mengembangkan wisata dengan pemilik rumah panjang, rumah bagi sekitar tiga puluh Iban keluarga yang menyediakan tamu dengan transportasi sungai, pemandu lokal dan koki. Berbasis di hutan lodge di dekatnya, Anda akan pergi memancing dengan Iban, berjalan kaki melalui jalan hutan untuk air terjun dan mengunjungi rumah panjang untuk wawasan pedesaan Iban gaya hidup masa kini.
Orangutan muda duduk di gerobak, Borneo
Satu orang utan memiliki kekuatan tujuh orang. Untuk melihat makhluk-makhluk langka di alam liar (dari jarak terhormat) pergi ke hutan hujan dataran rendah dari Tanjung Putin Taman Nasional di Kalimantan, rumah bagi salah satu buffooneries terbesar orangutan di dunia. Tinggal di Rimba Lodge, sederhana dan nyaman 35-kamar pondok oleh Sungai Sekonyer, dari mana Anda dapat menyewa pemandu dan berjalan ke taman ... hati-hati.
Reaksi: