Museum Bandung? ya, Museum Konferensi Asia Afrika


Museum Konferensi Asia Afrika


Bila berkunjung ke Bandung jangan lupa mengunjungi museum konferensi asia afrika yang merupakan salah satu icon kota Bandung. Lokasi museum ini terdapat di Jl. Asia afrika no.65, Braga, Sumur Bandung, kota Bandung, Jawa Barat 40111. Di dalam museum tersebut terdapat berbagai foto. 

Diorama serta berbagai peninggalan lainnya yang berkaitan dengan konferensi asia afrika yang diadakan di Bandung pada tahun 1955. Bangunan yang bergaya kolonial ini menjadi simbol perjuangan dan bersatunya negara-negara di kawasan asia afrika untuk melawan segala bentuk penjajahan dan penindasan. 

Selain itu konferensi asia afrika ini memiliki tujuan untuk meredam ketegangan dunia pada saat era perang dingin antara blok barat dan blok timur yang dipimpin oleh Amerika dan Uni soviet. 

Museum konferensi asia afrika ini merupakan salah satu objek wisata yang dapat dinikmati secara gratis, hanya dengan mengisi buku tamu yang tersedia. Pada akhir pekan museum ini buka mulai dari  jam 9 hingga jam 4 sore. 

Di dalam museum anda dapat menjumpai diorama yang menggambarkan Ir. Soekarno ketika berpidato dihadapan para delegasi. Selain itu terdapat peralatan fotografi dan jurnalistik kuno yang dipergunakan untuk mendokumentasikan dan memberitakan konferensi pada tahun 1955. 

Di museum ini juga dapat anda temukan berbagai potongan kliping koran serta pemberitaan dari dalam dan luar negeri tentang konferensi asia afrika ini. 


Berbagai kisah sejarah , latar belakang serta nama-nama peserta delegasi konferensi serta foto para kepala negara juga dapat anda temukan di museum ini. Namun yang paling menarik dari museum ini adalah ruang konferensi yang menjadi tempat berlangsungnya konferensi asia afrika ini pada masa lalu hingga kini masih megah dan terpelihara dengan baik. 
Recommeded : Offroad Lembang Bandung

Tentu saja ruang konferensi ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk berfoto. Namun, anda tetap harus ingat ketika mengambil foto tetap harus mengikuti peraturan yang berlaku yaitu tidak menggunakan blitz. Di museum ini juga terdapat toko souvenir yang menjual berbagai merchandise museum asia afrika mulai dari kaos hingga gantungan kunci. 

Di museum konferensi asia afrika ini juga terdapat perpustakaan modern yang dibangun sebagai bagian dari perayaan peringatan konferensi asia afrika ke-50 pada tahun 2005. Perpustakaan ini mengoleksi buku-buku sejarah, politik, social, dan budaya negara negara-negara di kawasan asia afrika.
Dokumen-dokumen mengenai konferensi asia afrika, konferensi-konferensi pendahulu, KTT asia afrika 2005, serta majalah, surat kabar dan “braille  corner”untuk para tunenetra. 

Baiklah sobat Outbound Lembang Bandung, bagi anda yang sedang berencana melaksanakan kegiatan seperti Offroad di Cikole Lembang, Offroad di Ciwidey, anda dapat menghubungi Trip Outound sebagai provider outbound and adventure terpercaya.

Reaksi: