Kuliner Khas Bandung Yang Wajib Kamu Coba


Kuliner Khas Bandung Yang Wajib Kamu Coba

Kota Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki ciri khas tradisi dan budayanya. Walaupun kota Bandung termasuk kota metropolitan tetapi Bandung tetaplah kota Paris Van Java yang kental akan tradisi dan budaya sunda tak terkecuali soal kulinernya. 
Semua orang pasti sepakat bahwa Bandung memang pantas  dijuluki surga kuliner saking bertebarannya menu-menu unik, lezat dan tentunya menggugah selera. Berikut ini merupakan kuliner khas kota Bandung:

1.      Nasi Tutug Oncom
     

Nasi tutug oncom adalah menu olahan nasi yang dibungkus daun pisang dan dibakar bersamaan dengan oncom yang dibumbui rempah khas serta diberi sedikit tepung tapioka. Rasa oncom dan nasi yang dibakar dalam daun pisang mengeluarkan aroma wangi yang sangat khas. Makanan ini sangat pas disantap dengan ditemani sambal pedas, lalapan leunca mentah, mentimun dan kerupuk. 

2.      Peuyeum


Peuyeum, siapa yang tak familiar dengan oleh-oleh khas Kota Bandung ini?  
 Peuyeum terbuat   dari singkong dan diolah dengan cara difermentasikan hingga kering.  Makanan yang bentuknya sepintas mirip dengan tape ini adalah menu kudapan yang paling popular di Bandung untuk dijadikan oleh-oleh dan banyak diincar wisatawan saat datang berkunjung ke Bandung.

3.      Lotek

Makanan yang terdiri dari bahan dasar sayur-sayuran segar yang dicampur saus kacang ini mirip pecel seperti yang dengan mudah bias ditemukan dikota-kota lain. Lotek adalah menu yang terdiri dari rebusan sayur-sayuran segar seperti bayam, tauge, kacang panjang, kangkung yang disiram dendan sambal kacang.
4.      Combro



Combro adalah salah satu kudapan ringan yang sangat digemari para pelancong ketika berkunjung ke Bandung. Makanan ini terbuat dari parutan singkong yang dibentuk menjadi bulat. Bagian dalam combro ini diisi dengan tumisan oncom yang dimasak dengan cabai rawit merah sehingga menjadi sambal oncom.

5.      Surabi 


Surabi khas Bandung ini terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras sehingga mirip pancake. Surabi dimasak dengan cara dibakar diatas cetakan khusus dengan tungku yang bahan bakarnya kayu atau arang sehingga wanginya harum dan menggoda. Sebagai pelengkap, surabi bisa dinikmati dengan berbagai campuran toping seperti oncom, gula jawa, telur, cokelat, keju, dan lain-lain.
Demikian kuliner khas Bandung yang dapat anda jadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke kota Bandung ini. Semoga artikel ini bias menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari oleh-oleh khas kota Bandung.
Reaksi: